Melaporkan Website Phishing ke Google Safebrowsing


FRAN.ID Blog akan menjelaskan bagaimana cara melaporkan Website Phishing ke Google Safebrowsing. Website Phishing merupakan laman web yang dirancang menyerupai laman asli, dalam upaya memperoleh informasi pribadi pengguna. Cara penyebarannya beragam, mulai dari tautan dari sosial media, aplikasi chatting, email, hingga pesan SMS. URL website phishing biasanya dirancang mendekati URL halaman aslinya, agar dapat mengelabui korban yang kurang berhati-hati dalam mengeklik tautan yang dibagikan kepadanya.

Hmmm... oke, jadi bagaimana cara melaporkan Website Phishing ke Google Safebrowsing?

Setelah anda yakin anda mengunjungi situs Web Phishing, anda dapat mengunjungi link berikut: https://safebrowsing.google.com/safebrowsing/report_phish/?hl=id


Dibawah ini merupakan tampilan Google Safebrowsing. Klik Gambar untuk memperbesar.

Google Safebrowsing

Yang perlu diisi hanya bagian URL website phishing nya saja, dan jangan lupa centang bagian "Saya bukan robot". Untuk detail tambahan, itu sifatnya opsional, jadi tidak diisi juga tidak masalah.


------------------

Untuk contoh, silahkan lihat pengalaman saya melaporkan Website Phishing ke Google Safebrowsing.

Suatu hari, saya mendapat email, dan berisi sebuah tautan URL. Setelah saya klik, tampillah web nya seperti gambar dibawah.

Halaman Phishing Google

Tampil halaman login google! Nah, bagaimana saya tau bahwa itu merupakan Website Phishing?

Pertama, kita coba lihat pada URL nya. Lihat gambar dibawah.


Yap, sesuai yang saya bilang di awal paragraph, bahwa URL website phishing biasanya dirancang mendekati URL halaman aslinya. Untuk pengguna yang tidak berhati-hati, ini benar-benar bisa mengecoh pengguna yang biasanya mengeklik tautan hanya dengan sekali lihat. Tapi, setelah diteliti, ada yang aneh kan denga URL itu! Yap, bukan accounts.google.com, tapi domain .com yang lain.

Selanjutnya, untuk meyakinkan bahwa ini halaman Phishing, kita coba lihat Sertifikat SSL nya.

SSL yang digunakan oleh Website Phishing

Website itu menggunakan Let's Encrypt! Untuk domain google, biasanya menggunakan Sertifikat SSL dari google sendiri, yaitu Google Trust Services.

Nah, setelah saya yakin bahwa website yang saya kunjungi merupakan website phishing, saya langsung mengunjungi link berikut: https://safebrowsing.google.com/safebrowsing/report_phish/?hl=id. Lalu, saya copy paste saja langsung URL website phishing nya, dan mencentang bagian "Saya bukan robot". Untuk detail tambahan, tidak saya isi karena itu sifatnya opsional, jadi tidak diisi juga tidak masalah.

Laporan saya terlihat seperti gambar dibawah ini.
Contoh laporan phishing di Google Safebrowsing

Setelah diisi, klik "Kirim Laporan", dan selanjutnya diarahkan ke halaman Terima Kasih, yang menandakan bahwa laporan telah dikirim.


Selesai.

Yap, sekian tulisan mengenai cara melaporkan Website Phishing ke Google Safebrowsing.

Ingat untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan Internet. Hindari mengeklik tautan tanpa memeriksa URL nya terlebih dahulu.

Bila ada pertanyaan, saran, atau kesalahan informasi, silahkan tinggalkan komentar ya.

Terima Kasih.


Gambar cover oleh katemangostar - freepik

Comments

Silahkan berikan komentar anda...

Archive

Contact Form

Send